Pemkab Klaten Segera Evaluasi Prosedur Pinjam Ambulan

 

Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani saat takziyah di rumah duka,  Danang di Jabung, Gantiwarno. Minggu, (1/5/2022)


Kasihinfo.com Klaten - Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani, SM didampingi sejumlah pejabat melakukan takziyah atas meninggalnya Danang Eko Sudigdo (47), warga Dukuh Jabung Wetan, Desa Jabung, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Minggu, 1 Mei 2022 sekitar pukul 11.00 WIB. 


Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menyatakan, atas nama pribadi, keluarga dan Pemkab Klaten menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya almarhum Danang Eko Sudigdo, semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. 


Selain itu, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, juga menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga jika terdapat hal yang kurang berkenan pada saat penanganan saat sakit almarhum Danang Eko Sudigdo khususnya saat akan meminjam ambulan Puskesmas Gantiwarno. Hal itu tidak ada unsur kesengajaan dari petugas Puskesmas Gantiwarno dan ke depan prosedur peminjaman ambulan Puskesmas oleh masyarakat segera akan dievaluasi. 


Sehingga, kata Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani, kejadian serupa tidak terjadi lagi di puskesmas lainnya. “Jika ada unsur kesengajaan dari pegawai Puskesmas Gantiwarno setelah lebaran Idul Fitri  1443 H, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten dan Inspektorat akan melakukan pemeriksaan. Jika ada kesalahan atau kekeliruan bisa diberikan sanksi, tapi petugas saat itu berpedoman pada prosedur yang ada,” katanya. 


Menyinggung Standar Operasional Prosedur (SOP) peminjaman ambulan oleh masyarakat, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, selama ini SOP-nya kalau ambulan itu ada dokternya, ada perawatnya dan ada drivernya. “Untuk menghindari kejadian serupa tidak terulang maka SOP peminjaman ambulan oleh masyarakat akan dievaluasi setelah Idul Fitri selesai,” katanya. 


Pemkab Klaten Akan Bantu Mobil Ambulan Ke Pemdes Jabung.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani juga mengatakan, Pemkab Klaten akan membantu ambulan ke Pemdes Jabung. “Katanya sudah beberapa kali kejadiannya, maka agar tidak terulang lagi maka Pemkab Klaten akan membantu ambulan untuk Desa Jabung yang bisa digunakan untuk warga Jabung maupun dari desa lainnya di Gantiwarno,” jelasnya.  Pada kesempatan tersebut Bupati Klaten Hj Sri Mulyani juga menyerahkan santunan kepada keluarga almarhum Danang Eko Sudigdo yang diterima isteri almarhum yakni Choiri Janah yang didampingi Aldiva Digdo Pratomo, anak almarhum, beserta keluarga. 


Kepala Desa Jabung, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Pramono Hadi mewakili keluarga almarhum Danang Eko Sudigdo mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dan jajaran pejabat Pemkab Klaten untuk bertakziyah atas meninggalnya almarhum Danang Eko Sudigdo. 


Kepada media, Pramono Hadi mengatakan, kejadian  warga Jabung yang memprotes Puskesmas Gantiwarno yang tidak mengijinkan warga untuk meminjam ambulan Puskesmas Gantiwarno untuk memberikan pertolongan kepada almarhum Danang Eko Sudigdo yang pingsan setelah olahraga bulutangkis, merupakan  kejadian spontan dan tidak direncanakan. 


“Setelah dibawa ke rumah sakit ternyata jiwa almarhum tidak tertolong. Keluarga sudah menerima dengan ikhlas atas kejadian itu dan mohon doanya semoga meninggalnya almarhum diterima Allah SWT dengan husnul khotimah,” kata Pramono. 


Pada kesempatan tersebut, Pramono Hadi, juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang akan membantu ambulan untuk Pemdes Jabung. “Ambulan tersebut nantinya akan digunakan untuk pelayanan kesehatan warga Jabung. Namun jika ada warga dari desa lainnya akan menggunakan monggo saja silakan,” kata Pramono Hadi. 


Dalam kunjungannya di rumah almarhum Danang Eko Sudigdo, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, SM didampingi sejumlah pejabat antara lain Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Inanteri Joni Eko Prasetyo, SIP, Pejabat Sementara (Pj) Sekda Klaten Jajang Prihono, SSTP, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Sekda Klaten, Joko Purwanto, SSos, MM, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten dr Cahyono Widodo, MKes dan pejabat lainnya. 


Sementara itu kedatangan Bupati Klaten di rumah almarhum Danang Eko Sudigdo antara lain disambut isteri almarhum yakni Choiri Janah yang didampingi Aldiva Digdo Pratomo, anak almarhum, beserta keluarga. Tampak juga menyambut kedatangan Bupati Klaten antara lain Camat Gantiwarno, Lilis Yuliati, SH, MM, Kepala Desa Jabung Pramono Hadi, unsur Forkopimcam Kecamatan Gantiwarno dan jajaran Perangkat Desa Jabung. (Prokopim)

Lebih baru Lebih lama