Cegah penyalahgunaan Narkoba dilingkungan pendidikan, UMKLA canangkan sebagai Kampus Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba)

 


Kasihinfo.com Klaten – Masih tingginya kasus penyalah gunaan narkoba di Klaten jawa tengah, berbagai upaya pencegahan terus dilakukan, salah satunya dilingkungan pendidikan. Rabu siang,(15/6/2022) Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA) mencanangkan diri sebagai Kampus Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba).

Dalam pencanangan, selain dihadiri oleh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Klaten, juga dihadiri Pemkab Klaten, Polres Klaten, organisasi anti narkoba dll.

Rektor Universitas Muhammadiyah Klaten, Sri Sat Titi Hamranani mengatakan, dengan dicanangkan UMKLA sebagai Kampus Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba), seluruh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Klaten siap menjadi relawan dalam upaya pencegahan peredaran gelap narkoba sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat.

 “Dengan pencanangan Universitas Muhammadyah Klaten sebagai Kampus Tangguh Bersih Narkoba ini, maka seluruh civitas akademika UMKLA sudah siap menjadi relawan gerakan anti narkoba,” katanya.

Bu rektor menambahkan, dalam pencanangan UMKLA sebagai kampus Tangguh Narkoba ini, pihaknya akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dan pihak terkait lainnya.

Seperti diketahui, Universitas Muhammadyah Klaten secara resmi berdiri pada tanggal 21 Februari 2022. Dan saat ini, UMKLA sudah memiliki 10 Program Studi.Kesepuluh Program Studi tersebut yaitu S1 Profesi Ners, S1 Keperawatan, S1 Manajemen, S1 IImu Komunikasi, S1 Teknologi Informasi, S1 Administrasi Kesehatan, D3 Keperawatan, D3 Farmasi, D3 Kebidanan, dan D3 Akuntansi.

“Dan ke depan, kami juga berencana akan membuka program studi baru. Antara lain Program Studi Kedokteran. Karena kami sudah memiliki rumah sakit PKU Muhammadyah Prambanan. Tentunya setelah akreditasi terhadap kampus kami terpenuhi,” jelasnya.

Kasat Reserse Narkoba Polres Klaten, Kompol Mulyanto memberikan apresiasi kepada  UMKLA yang menjadi kampus pertama di Klaten dalam pencanangan kampus tangguh narkoba. diharapkan, kedepan UMKLA bisa menjadi contoh bagi kampus lainnya perlu ada keseriusan dalam penanganan penyalahgunaan narkoba. Sebab penanganan penyalahgunaan narkoba ini bukan tanggung jawab Pemerintah saja.

“ kami memberikan apresiasi kepada UMKLA, semoga pencanangan ini bisa menjadi contoh bagi kampus lainnya. Mengingat kasus penyalahgunaan narkoba masih tinggi. dari jumlah pengungkapan kasus narkoba, Polres Klaten termasuk nomor 3 di Jawa Tengah. maka kami berharap, Kampus UMKLA harus benar-benar bersih dari narkoba,” tegasnya.

Ketua Ikatan Purnakarya Pendidikan Klaten (IPPK), Joko Sutrisno dalam sambutan mengatakan, pencanangan UMKLA sebagai Kampus Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba) ini adalah salah satu upaya pencegahan peredaran gelap narkoba, khususnya di Klaten Jawa Tengah.

Sementara itu Bupati Klaten yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Klaten, Sugeng Haryanto menyambut baik pencanangan UMKLA sebagai Kampus Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba). semoga pencanangan ini bisa menjadi contoh yang baik.

 “hingga kini masih banyak terjadi penyalahgunaan narkoba bahkan sampai ke pelajar SMP dan SD. Karena itu, perang melawan narkoba harus disikapi dengan serius” harapnya.

 

Lebih baru Lebih lama