Permudah pelayanan kepada masyarakat, dispendukcapil Klaten luncurkan Sakura dan layanan administrasi kependudukan dalam jaringan


Kasihinfo.com Klaten - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Klaten secara resmi meluncurkan Sakura atau Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Dalam Jaringan. Inovasi ini hadir untuk memudahkan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.


Aplikasi ini resmi diluncurkan oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani, di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, pada bulan mei yang lalau, tepatnya hari rabu (18/05/2022). Kepala Dispendukcapil Klaten, Sunarna mengatakan aplikasi ini merupakan pengganti aplikasi Sipon Keduten, Sistem Pelayanan Online Kabupaten Klaten. Kehadiran aplikasi Sakura sekaligus menyempurnakan aplikasi sebelumnya.


“Dispendukcapil Klaten senantiasa berupaya meningkatkan kualitas administrasi kependudukan melalui pengembangan inovasi layanan administrasi kependudukan secara daring atau Sakura yang merupakan pengganti dari inovasi Sipon Keduten,” ungkapnya saat peluncuran aplikasi Sakura.


Sebelum diluncurkan, menurutnya aplikasi Sakura telah dilakukan uji coba secara terbatas bersama operator desa se-Kabupaten Klaten. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan saran dan masukkan sebagai penyempurnaan layanan.


“Kepada sahabat-sahabat Dukcapil, operator desa, kelurahan disampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya yang selalu aktif memberikan masukan dan kelancaran layanan kepada masyarakat khususnya di bidang administrasi kependudukan,” paparnya.


Aplikasi Sakura dapat diakses melalui website Dispendukcapil Klaten (dukcapil.klaten.go.id). Adapun layanan yang disediakan melalui aplikasi Sakura yakni; Kartu Keluarga, akta kelahiran, akta kematian, KTP elektronik, Kartu Identitas Anak, perpindahan keluar dan kedatangan penduduk, update data atau online NIK. Dengan aplikasi ini, masyarakat lebih mudah dalam mengakses layanan adminduk dan dapat memantau progress layanan secara online.


“Bagi warga masyarakat yang tidak dapat memanfaatkan layanan ini bisa meminta bantuan kepada operator desa atau kelurahan,” terangnya lebih lanjut.


Peluncuran aplikasi Sakura turut disaksikan Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri RI, Hani Syopiar Rustam secara daring melalui Zoom Meeting. Peluncuran aplikasi ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan apresiasi atas inovasi layanan yang dihadirkan oleh Dispendukcapil Klaten. Ia berharap penyempurnaan layanan ini semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses sarana layanan publik yang disediakan oleh Pemkab Klaten.


“Dengan aplikasi sakura ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan secara mandiri,” kata Sri Mulyani.


Lebih lanjut, Bupati juga berharap dengan kemudahan layanan adminduk yang disediakan, masyarakat menjadi semakin tertib untuk melengkapi dokumen kependudukan. “Saya berharap masyarakat mendukung gerakan tertib dokumen kependudukan dengan memanfaatkan kemudahan layanan yang diberikan oleh Pemkab Klaten,” ujarnya.

Lebih baru Lebih lama