Desa Nglinggi wakili Klaten dalam lomba Kampung Pancasila tingkat Korem 074 Warastratama

 

Kasiter Korem 074 Warastratama Letkol inf. Drs. Aris Isnawan, didampingi Dandim Klaten, Letkol inf. Joni Eko Prasetyo, Kades Nglinggi, serta muspida dan perangkat desa, saat pelepasan balon tanda penilaian kampung pancasila di desa Nglinggi. Rabu, (3/8/2022)


Kasihinfo.com Klaten – Korem 074 Warastratama Surakarta menyelenggarakan lomba kampung pancasila yang diikuti beberapa kota di eks karesidenan Surakarta.

 

Dihari pertama penilaian, tim penilai dari Korem 074 Warastratama yang dipimpin oleh kasiter korem 074 warastratama surakarta, Letkol inf. Drs Arif Isnawan mengunjungi desa nglinggi, kecamatan Klaten selatan, klaten. Dalam lomba kali ini, desa Nglinggi mewakili kabupaten klaten. Rabu, (3/8/2022)

 

Kasiter menjelaskan jika lomba kampung pancasila mempunyai tujuan agar dengan adanya kampung pancasila, membawa kebaikan, keamanan, solidaritas, sehingga akan menimbulkan rasa aman bagi warga masyarakat.

 

“ dengan adanya kampung Pancasila harapanya bisa membuat kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat. Nantinya warga sekitar dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari merasakan rasa aman dan terwujud keadilan” kata Kasiter.

 

kepala desa nglinggi, Sugeng Mulyadi menjelaskan, desa Nglinggi memiliki modal besar dalam pencanangan desa pancasila,  pasalnya apa yang ada dalam butir pancasila sudah dijiwai warga masyarakat nglinggi dalam pelaksanaan dikehidupan sehari-hari, baik dalam keluarga, di dalam bermasyarakat maupun dalam menjalankan pemerintahan desa setempat.

 

“ Desa kami sudah memiliki modal besar sebagai kampung pancasila. Sudah lama warga kami mengamalkan, menjiwai dan menerapkan butir-butir pancasila dalam berkehidupan sehari-hari, baik di dalam keluarga, masyarakat” katanya.

 

Ia menambahkan jika pancasila itu sakti, mampu membawa iklim damai di desa setempat, dimana damai merupakan salah satu syarat untuk menuju hidup yang sejahtera. Jika dalam kehidupan sehari-hari, semua mengamalkan pancasila,  akan menciptakan kehidupan yang seiring dan sejalan saling menghormati,saling toleransi, dan akhirnya membuat visi desa Nglinggi menjadi kawasan ekonomi baru yang damai dan berbudaya akan terwujud.

 

“ pancasila itu sakti mas, dengan pancasila membawa kedamaian di desa kami. Damai menjadi salah satu syarat utk kehidupan yang sejahtera. Dengan mengamalkan pancasila, akan tercipta kehidupan yang saling harmonis, menjaga toleransi menjadikan desa Nglinggi mewujudkan desa dengan kawasan ekonomi baru yang damai dan berbudaya” pungkasnya. (h-d)

 

Lebih baru Lebih lama