Musem Ranggawarsita dolan Klaten

 



Kasihinfo.com Klaten -  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah  menghadirkan pameran keliling Museum Jawa Tengah Ranggawarsita di Kabupaten Klaten. Museum Keliling yang bertajuk Museum Dolan Klaten tersebut resmi dibuka oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani di Gedung Sunan Pandanaran, Kamis (04/08/2022).


Selain Museum Ranggawarsita dipameran tersebut terdapat Museum Daerah Klaten, Omah Wayang Klaten, Museum BPK RI Magelang, Monumen Pers Nasional, Museum BPSMP Sangiran, Museum Rembang Putih Tuban, BPCB Jateng, Museum Samudra Raksa, Expo SMK/SMA, Kisah Tanah Jawa, dan UMKM Klaten.


Bupati Klaten, Sri Mulyani mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah menyelenggarakan Museum Dolan Klaten ini adalah pertama dilaksankaan oleh Museum Ranggawarsita di Jawa Tengah dan sekaligus merayakan hari jadi ke-218 Kabupaten Klaten.


“Semoga menambah hasanah anak-anak kita, karena disini (Museum) banyak replika-replika museum yang ada di Provinsi Jawa Tengah. lengkap disajikan, sehingga anak-anak kita baik TK, SD, SMP, SMA/SMK. Harapan saya karena ini dilaksanakan selama tanggal (04-08/08/2022), saya minta Kepala Dinas Pendidikan untuk koordinasi dengan Kepala Sekolah agar hadir disini (Museum),” jelasnya.


Ia mejelaskan bahwa museum sebagai pusat kemajuan kebudayaan serta ruang edukasi yang menyenangkan, terlebih masuk museum ini tidak dikenakan biaya. 


“Semoga (Pameran Museum Keliling Ranggawarsita) mendukung potensi yang ada di Kabupaten Klaten, cagar budaya, dan UMKM. Harapan saya bisa mengangkat perekonomian Kabupaten Klaten,” ujarnya.


Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  (Kadisdikbud) Provinsi Jawa Tengah, Uswatun Hasanah menyampaikan Pameran Keliling Museum Dolan Klaten mengambil tema bersama museum, menginspirasi masa depanku.


Ia memapaparkan hadirnya Museum Ranggawarsita merupakan salah satu inspirasi yang bisa menaikkan museum yang ada di Kabupaten Klaten.  


 “Kami berharap museum ini bisa menjadi salah satu objek, tidak hanya wisata tetapi untuk penggalian karakter di tanah air utamanya di Jawa Tengah dan khususnya di Kabupaten Klaten menjadi sumber belajar dari TK, SD, SMP, SMA/SMK dan ekonomi kreatifnya semakin meningkat,” ungkapnya. 


Kepala Museum Ranggawarsita, Djoko Nugroho Witjaksono mejelaskan bahwa hadirnya pameran keliling Museum Ranggawarsita ini mampu mengenalkan dan mendekatkan Museum Ranggawarsita, dan enam warisan budaya dunia yang ada di Jawa Tengah untuk masyarakat Klaten.


Ia menyebut enam warisan budaya dunia yang representasinya ada di Jawa Tengah, antara lain Candi Borobudur, Situs Sangiran, Candi Prambanan, Batik, Keris, dan Wayang. 


“Kami hadirkan untuk masyarakat Klaten, agar lebih bangga menjadi warga Jawa Tengah,” pungkasnya. 

(ttr/kominfo-klt)

Lebih baru Lebih lama