Usung Tema Gotong Royong Membumikan Pancasila, BPIP dan DPR RI Gelar Sosialisasi Dengan FKUB Kabupaten Klaten.

 


Kasihinfo.com Klaten - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan salah satu Kedeputian Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan  menyelenggarakan  pembinaan ideologi Pancasila melalui  sosialisasi Pancasila, dengan Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Klaten dan Paguyuban Kerukunan Umat Beragama ( PKUB  ) Kecamatan dan PKUB Desa/ Kelurahan  Kabupaten Klaten di  Gedung Wongso Menggolo Convention Centre Ngaran Mlese  Kabupaten Klaten  Rabu ( 10/8/2022 ).

 

Kegiatan yang mengambil tema *Gotong Royong Membumikan Pancasila* tersebut untuk yang  pertama kali dilakukan berkolaborasi dan  kerja sama  antara Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ( DPR RI ) Komisi II, BPIP, dan FKUB Kabupaten Klaten.


Direktur Hubungan Antara Lembaga dan Kerja Sama BPIP, Elfrida Herawati Siregar, SP.MM   mengatakan bahwa kerja sama  sebagaimana disebutkan di atas  dilakukan dalam rangka gotong-royong merevitalisasi, mereaktualisasi dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila," ujarnya.


Dikatakan maksud pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membangun sinergi menjalin kerja sama antara BPIP dengan  DPR RI Komisi II  dan FKUB Kabupaten Klaten sebagai bentuk implementasi kegiatan gotong-royong merevitalisasi, mereaktualisasi, mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang telah disepakati oleh para pihak.


"Tujuan dari kegiatan ini adalah  untuk mendukung pelaksanaan pembinaan Ideologi Pancasila sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) sehingga dilakukan kerja sama di antara Para Pihak terkait promosi nilai-nilai mutiara Pancasila dan asas gotong-royong, peningkatan kapasitas, dan aktivitas lain," katanya.


Selain Elfrida Herawati Siregar, SP.MM hadir sebagai pembicara  Drs.H.Mohammad Toha, M.Si anggota DPR RI Komisi II , Ketua FKUB Propinsi Jawa Tengah yang juga sebagai  Sekretaris  Jendral Asosiasi FKUB KH. Taslim Sahlan, M.Si, Ketua FKUB Kabupaten Klaten yang sekaligus  sebagai Koordinator Wilayah Asosiasi FKUB  Jawa Madura.


Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani, SM dalam sambutannya mengatakan bahwa upaya menjaga kerukunan umat beragama itu bukan saja menjadi tugas  FKUB dan PKUB tetapi kewajiban bersama seluruh elemen masyarakat.


 "Sosialisasi nilai-nilai Pancasila ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi para peserta untuk mewujudkan dan merawat  kerukunan di masyarakat. Karena tanpa adanya kerukunan tidak ada persatuan" katanya.


Sri Mulyani dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pembentukan PKUB Kecamatan dan PKUB Desa/ Kelurahan se Kabupaten  Klaten ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk mewujudkan kerukunan di masyarakat.


" Pembentukan pengurus PKUB tingkat Kecamatan di 26 Kecamatan dan PKUB tingkat Desa/ Kelurahan di 401 Desa dan Kelurahan se Kabupaten Klaten ini diharapkan dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dan silaturrahmi  antar tokoh agama untuk merawat kerukunan antar umat beragama di masyarakat" katanya. (*Moch.Isnaeni* )

Lebih baru Lebih lama