TMMD Sengkuyung Tahap III Desa Kecemen, Manisrenggo Resmi Dibuka

 



Kasihinfo.com Klaten - Bupati Klaten resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Desa Kecemen, Kecamatan Manisrenggo “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”. Pembukaan ditandai dengan pemukulan kentongan,Selasa (11/10/2022) di Lapangan Kecemen, Manisrenggo. 


Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III, Bupati Klaten bertindak sebagai inspektur upacara dan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Klaten, Kepala OPD, TNI/Polri, Aparat Desa Kecemen, Karang Taruna, Satpol PP, Dinas Perhubungan Klaten, Persit Kartika Chandra Kirana, Siswa SMP dan lainnya. 


“Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2022, yang berlokasikan di Desa Kecemen Kecamatan Manisrenggo, entunya kita semua berharap kegiatan yang akan berlangsung selama kurang lebih 30 hari (11 Oktober-9 November 2022)kedepan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” jelas Sri Mulyani.


Ia mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada TNI/Polri, Masyarakat Kecemen dan seluruh pihak yang terjun langsung membantu masyarakat dalam pembangunan fisik dan non fisik, melalui Program TMMD Sengkuyung Tahap III.


“Melalui TMMD ini, saya memilisoliditas dan sinergitas antara TNI, POLRI, Pemda, dan masyarakat juga dapat senantiasa terjalin erat, selama maupun setelah program ini berlangsung. Oleh karena itu, mari kobarkan semangat kebersamaan, manfaatkan momentum TMMD ini sebagai sarana mempererat kembali rasa kesatuan, kebersamaan, dan semangat gotong-royong membangun daerah yang telah memberi kita kehidupan, juga anak cucu kita dimasa depan,” ungkap Sri Mulyani.


Selanjutnya, Bupati Klaten menyerahan alat kerja kepada TNI sebagai simbol dimulai pengerjaan TMMD Tahap III tersebut.  Kemudian Bupati Klaten dan Komandan Kodim 0723 Klaten melakukan penandatanganan berita acara, dan dilakukan penyerahan berita acara oleh Bupati Klaten kepada Komandan Kodim 0723 Klaten. 


Sementara Perwira Pelaksana, Budiyono melaporkan bahwa latar belakang terpilihnya sasaran TMMD Desa Kecemen karena terbatasnya akses jalan antar desa sehingga menghambat akses pertanian dan perekonomian.


Ia menyebut adapun sasaran pokok betonisasi jalan panjang 605 meter, lebar tiga meter, tebal 15  centimeter, pembangunan talud panjang 985 meter, lebar 40 centimeter, dan tinggi satu meter. 


Ia menjelaskan juga terdapat sasaran non fisik yakni pelayanan posyandu, penyuluhan posbindu, penyuluhan stunting, dan pelayanan KB Kesehatan. 


“Pelaksanaan kegiatan ini (TMMD Tahap III) dilaksanakan dari tanggal 11 Oktober hingga 9 November 2022,” jelasnya.


Ia menambahkan tenaga kerja yang melaksanakan pengerjaan setiap hari yakni SST sejumlah 40 orang, Polri sejumlah tiga orang, Teknisi dua orang, Aparat Desa sejumlah lima orang, masyarakat sejumlah 60 orang, dan jumlah keseluruhan 110 orang.


Terakhir, Bupati Klaten beserta Forkopimda Kabupaten Klaten menjumpai para siswa Sekolah Dasar yang tidak jauh dari lokasi TMMD dan mengunjungi stand UMKM yang berada di area TMMD. 

(ttr-kominfo/klt)

Lebih baru Lebih lama