Ajak Warga Berantas Rokok Ilegal, Diskominfo dan KPPBC Surakarta Gelar Talk Show Bersama Anggota Dewan Klaten

 


 

Kasihinfo.com Klaten – Berbagai cara terus dilakukan guna melakukan pemberantasan peredaran rokok ilegal di Kabupaten Klaten, salah satunya dengan talk show Kuping Panas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten, melalui channel YouTube dengan menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Surakarta.

Talk show dengan narasumber Ketua Komisi I DPRD Klaten Eko Prasetyo, serta anggota Komisi I Siwi Kusumastuti dan Fachrudin Ali.

Dalam talk show, ketua komisi 1 DPRD Klaten , Eko Prasetyo mengatakan jika dampak peredaran roko ilegal salah satunya menggerus pajak negara. Dimana membeli rokok ilegal justru memberikan keuntungan pada oknum tertentu.

“ Membeli rokok ilegal justru memberikan keuntungan pada oknum tertentu,” tegas Eko Prasetyo.

Eko menambahkan, pungutan cukai rokok yang dilakukan pemerintah akan kembali ke masyarakat dalam berbagai bentuk. Maka itu, dia mengingatkan apabila ada yang membeli rokok ilegal, berarti tidak mendukung dari sisi pemanfaatan pajak yang diterima. Salah satunya untuk kesejahteraan masyarakat.

Diketahui, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang diterima Pemkab Klaten pada tahun ini senilai Rp 16,91 miliar. Pengalokasianya merujuk Peraturan Menteri Keuangan Nomor 215/PMK.07/2021.

Dari total DBHCHT tersebut, 50 persen untuk bidang kesejahteraan masyarakat, 40 persen dialokasikan pada bidang kesehatan, dan 10 persen untuk penegakan hukum.

Sesungguhnya, pajak yang diterima untuk kemakmuran masyarakat. Dari masyarakat kembali ke masyarakat,” pungkas eko.

Anggota Komisi I DPRD Klaten, Siwi Kusumastuti menjelaskan, butuh pengawasan dan penindakan hukum bagi pelaku peredaran rokok ilegal.

“ Kita bisa lihat di berbagai tempat umum banyak poster stop rokok ilegal. Hal ini terang memberikan pesan ke masyarakat agar tidak membeli roko ilegal, dikarenakan bisa mengurangi pendapatan negara, yang nantinya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata  politisi Partai Demokrat ini.

Sedangkan , Fahrudin, Anggota Komisi I DPRD Klaten menambahkan, Peran serta masyarakat dalam melaksanakan dan mensosialisasikan gempur rokok ilegal, terlebih bagi perokok aktif, agar membeli roko yang terdapat cukai yang legal.

 

Lebih baru Lebih lama