Minggu Palma, Ribuan Umat Katolik ikuti Arak-arakan Menyusuri Jalan Sekitar Gereja Maria Assumpta Klaten

 

Dengan membawa daun palma, sejumlah umat ikuti arak-arakan dalam misa minggu palma di gereja santa maria assumpta klaten. Minggu, (2/4/2023).


Kasihinfo.com Klaten - Minggu pagi,(2/4/2023) ribuan umat Katolik di Klaten Jawa Tengah, mengikuti misa minggu palma di gereja katolik Santa Maria Assumpta Klaten. selain membawa daun palma, dalam misa tersebut juga dilakukan arak-arakan meyusuri jalan sekitar gereja,untuk mengingat kembali saat Yesus masuk ke kota yerusalem, yang disambut dengan sorak sorai dan elu-eluan.

 

Misa minggu palma diawali di halaman sd kanisius yang berada di samping gereja katolik santa maria assumpta klaten. Dengan membawa daun palma, ribuan umat katolik dengan khitmad mengikuti misa. Seluruh daun palma di berkati dengan percikan air suci.

 

Dalam kotbahnya,  romo Gregorius Kriswanta, Pr  mengatakan , sudah sejak awal masa prapaskah, umat katolik telah menyiapkan diri dengan tobat dan karya amal kasih . Dan pada hari ini (minggu) umat berkumpul dan mengawali misteri paskah, yakni sengsara, wafat dan kebangkitanya.

 

“ Sejak awal masa Prapaskah, kita sudah menyiapkan diri dengan tobat, dan karya amal kasih. Pagi ini, minggu palma, kita berkumpul mengawali misteri paskah. Maka mari kita persiapkan hati kita mengenang kembali kosah sengsara, wafat serta kebangkitanNYa.”




Dalam misa tersebut umat melakukan arak-arakan, sambil membawa daun palma,  mengingatkan kembali disaat yesus masuk ke kota yerusalem dan disambut dengan sorak sorai. Arak-arakan dilakukan dengan menyusuri jalan sekitar gereja setempat, dan menuju ke dalam gereja.

 

Bagi umat katolik, minggu palma merupakan awal dari pekan suci, dimana seminggu kedepan umat kristiani akan mengenang kembali kisah sengsara yesus kristus. selama pekan suci, umat diajak mengenangkan satu peristiwa penebusan lewat sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus. (h-d)

 

Lebih baru Lebih lama